Pengembangan Desain Kemasan Marning Jagung Dengan Pendekatan Conjoint Analysis dan Value Engineering Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi Kasus: Umkm Asyifa Cemilan)PUTRI IKA PRATIWI / Rizqi Wahyudi, S.TP., M.Sc. / Teknik Industri, 2025UMKM Asyifa Cemilan mengalami kendala pada kemasan marning jagung yang masih sederhana, kurang informatif, dan belum mencerminkan identitas produk. Kemasan yang digunakan berbahan plastik kaca (polycarbonate) dinilai tidak ramah lingkungan dan tidak sesuai dengan standar BPOM karena berpotensi menga... |
PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK KERIPIK TEMPE BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN DAN VALUE ENGINEERING (STUDI KASUS: UMKM USAHA BAROKAH)Hari Faiz Adha Lubis / Rizqi Wahyudi, S.TP., M.Sc. / Teknik Industri, 2025UMKM Usaha Barokah yang memproduksi keripik tempe masih menggunakan kemasan sederhana sehingga sulit bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemasan produk keripik tempe dengan menggabungkan metode analisis konjoin dan Value Engineering. Pengembangan dilakukan terhadap lim... |